Minggu, 09 Juni 2019

PENGENALAN MICROSOFT WORD 2010, MENU DAN FUNGSI MENU MS WORD 2010

A. Pengertian dan Bagian Tabs Menu Word 2010

Tabs Menu adalah bagian dari quick acces yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat digunakan ketika sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :

1. Tab File
2. Tab Home
3. Tab Insert
4. Tab Page layout Tab References
6. Tab Mailings
7. Tab Review
8. Tab View

B. Pengertian dan Pembagian Ribbon di Word 2010
   
Ribbon adalah suatu kumpulan tool menu yang terdapat pada bagian tab menu, dimana kumpulan-kumpulan tool ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan group. Yang termasuk ke dalam kategori ribbon adalah sebagai berikut :

1. Tabs Menu
2. Groups
3. Commands

C. Pengertian Title Bar Office Word 2010

Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang dikerjakan. Secara default title bar akan muncul dengan keterangan Documen - Microsoft Word, namun setelah dokumen disimpan dengan sebuah nama, maka nama dokumen akan berubah menjadi nama_dokumen - Microsoft word.


D. Pengertian dan Fungsi Rulers Di Microsoft Word 2010

Rullers atau Penggaris merupakan tool yang bisa digunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. dalam hal ini ruller di bagi menjadi dua bagian yaitu :

1. Ruller Horizontal
2. Ruller Vertikal

E. Pengertian Status Bar di Office Word 2010

Status Bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata di dalam sebuah dokumen, memberikan infrormasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang digunakan.

F. Pembagian dan Fungsi Menu pada Tab File 

1. Save - Menyimpan Dokumen ke temat penyimpanan komputer
2. Save as  - Menyimpan Dokumen dengan beberapa format lain PDF, Doc, Dot, Html, xml, dan format lainnya
3. Open - Untuk  membuka file dokumen
4. Close - Untuk menutup dokumen
5. Info - Untuk menampilkan informasi lain
6. Recent - Untuk melihat informasi dokumen yang telah dikerjakan
7. New - Untuk membuat dokumen baru
8. Print - Menampilkan Informasi dokumen yang akan di print,
9. Save & Send - untuk menyimpan dan mengirim langsung dokumen yang kalian buat.
10. Help - Untuk menampilkan bantuan-bantuan yang terdapat office word 2010
11. Options - Untuk melakukan pengaturan di aplikasi office word 2010.
12. Exit - Untuk keluar dari aplikasi word 2010,

G. Pembagian Menu pada Tab Home

1. Paste- Menempelkan tulisan atau gambar yang telah di salin
2. Cut - Memotong tulisan atau gambar
3. Copy - Menyalin tulisan atau gambar
4. Fony style - Memilih atau meurubah jenis tulisan yang diinginkan.
5. Bold - Menebalkan Huruf
6. Ilatic - Tulisan Miring
7. Underline - Garis bawah tulisan
8. abc - membuat tulisan coret
9. Superscript dan Subscripot X2 - Membuat pangkat pada tulisan.
10. Font Size - Merubah ukuran tulisan
11. A Style - Membuat Style pada tulisan
12. Highlight Text ( ab) - memblok warna kata atau kalimat didalam dokumen.
13. Font color - merubah warna huruf atau tulisan 
14. Align Left - Merubah tulisan menjadi rata kiri.
15. Align Center - Rata Tengah
16. Align Right - Rata Kanan
17. Align Justify - Rata Kiri Kanan
18. Shading Color - Merubah warna blok pada tulisan dokumen
19. Icon Tabel  - Membuat Tabel secara manual.
20. Bullets - Membuat icon kecil disamping tulisan
21. Numbering - Membuat Nomor 
22. Multilevel list - Membuat kombinasi list antara bullets dan numbering
23. Increase dan Decrease menambahkan dan mengurangi lebar paragraf
24. Sort - Menyortir isi dokumen sesuai dengan abjad atau juga berdasarkn angka

H. Pembagian Menu Pada Tab Insert

1. Cover Page - Membuat cover halaman dokumen.
2. Blank Page - Menambahkan halaman baru 
3. Page Break - Memisahkan halaman sebelum dan sesudah
4. Table - Menambhakan sebuah table di dalam dokumen
5. Picture - Mambahkan gambar dari galeri komputer
6. Clip Art - Menambahkan gambar kecil
7. Shapes - Menambahkan bentuk shapes 
8. SmartArt  - Membuat smartart 
9. Chart - Menambahkan diagram Chart 
10. Screnshot - Memasukkan hasil screenshot atau tangkapan layar dari komputer secara cepat.
11. Hyperlink -  Memasukkan Link alamat website ke dalam teks.
12. Bookmark - Menyimpan bagian dari dokumen yang dianggap penting
13. Header - Menambahkan objek yang menjadi ciri khas dari dokumen 
14. Footer  - Sama seperti Header, namun letaknya di bawah dokumen
15. Page Number - Membuat nomor halaman pada dokumen
16. Text Book - Membuat tek di dalam kotak
17. Word art - Membuat tulisan dengan gaya yg unik
18. Drop Cap - Membuat tulisan bentuk koran, hurup pertama dalam dokumen tampak besar.
19. Equation - Menambahkan simbol matematika
20. Symbol - Sama dengan Fungsi Equation

I. Pembagian Menu Pada Tab Page Layout

1. Themes - Membuat theme atau tema
2. Margin - Mengatur Ukuran kertas 
3. Orientation - Mengatur Mode kertas
4. Size - Menentukan Jenis Kertas
5. Column - Menentukan mode kolom tulisan pada halaman dokumen 
6. Watermark - Membuat gambar tarnsparan 
7. Page Color - Menentukan warna background
8. Page Border - Membuat Bingkai halaman

Jangan lupa baca juga yaaa

https://bunglonmerah.blogspot.com/2019/05/membuat-daftar-isi-dengan-tabulasi-dan.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar